Thursday, April 14, 2022

TENTANG PROGRAM GURU PENGGERAK


Jadilah teladan dan meneladai Berbagi bersama berkolaborasi untuk pembelajaran yang menyenangkan Salam Bahagia untuk seluruh pendidik Indonesia 

Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 telah dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 14 Oktober 2021 dan sejak saat itu sebanyak 8.053 peserta yang sudah terjaring sistem dan dinyatakan lolos seleksi melalui SIM PKB pada program guru penggerak ini. Kegiatan PGP dilaksanakan menggunakan metode pelatihan dalam jaringan (daring), lokakarya, dan pendampingan individu. Proporsi kegiatan terdiri atas 70% belajar di tempat bekerja (on-the-job training), 20% belajar bersama rekan sejawat, dan 10% belajar bersama narasumber, fasilitator, dan pendamping. Sistem pembelajaran dalam PGP (Pendidikan Guru Penggerak) menggunakan moda daring melalui LMS yang terintegrasi dengan akun sim PKB individu. Hal menarik yang saya alami yaitu dalam pembelajaran ini menggunakan sistem MERRDEKA (mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi,refleksi terbimbing,demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, aksi nyata) dimana kita tidak hanya sekedar mempelajari teori saja tapi juga sampai kepada apa aksi nyata yang kita lakukan selama mengikuti pendidikan guru penggerak ini. Saya Miftaqul Janah, S.Pd yang berkesempatan menjadi bagian transformasi pendidikan ini merasa bahwa segala ilmu yang saya terima pada saat pendidikan guru penggerak ini sangat diperlukan oleh para guru hebat di seluruh pelosok negeri ini. Semoga di wadah berbagi ini bisa memberikan semangat baru bagi bapak ibu guru dimanapun berada.

PGP merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihandan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaranagar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila yang dimaksud adalah peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebinekaan tunggal, bernalar kritis, dan mandiri.

0 comments:

Post a Comment

Komentar positif untuk pengembangan blog pribadi kami sangat harapkan dari para pembaca yang budiman

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates