Friday, April 22, 2022

MODUL 1.1 Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara

 

Modul PGP Kemendikbudristek

PEMIKIRAN-PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA (KHD)

1.    REFLEKSI KRITIS

Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?

Ajaran Ki Hajar Dewantara yang terkenal adalah ing ngarsa sung tulodo, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani. Artinya adalah di depan memberi teladan, di tengah memberi semangat, dan di belakang memberi dorongan.

Menjadi seorang pendidik merupakan hal yang harus benar-benar diteladani dan tau bagaimana peran pendidik sesungguhnya dimana seorang pendidik selain harus menguasai beberapa kompetensi tentunya harus bisa menjadi fasilitator sekaligus pemberi semangat bagi siswanya. Guru harus bisa menjadi sutradara film dalam pembelajaran yang nantinya akan mensukseskan pembelajaran di kelas masing-masing.

Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?

Pemikiran KHD dalam konteks Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anakanak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Lingkungan pendidikan meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan organisasi pemuda, yang ia sebut dengan Tri Pusat Pendidikan.Hal tersebut sejalan dengan pola system pendidikan saat ini yaitu di era pembelajaran abad 21 yang menjadikan siswa sebagai pusat kegiatan pembelajaran.

Secara khusus di sekolah saya yaitu relevansi pendidikan belum begitu tampak secara menyeluruh,pembelajaran di sekolah seperti penggunaan media yang disukai siswa dan juga metode pembelajaran yang berpusat pada siswa belum sepenuhnya terlihat. Diharapkan setelah mempelajari modul ini nantinya bias merubah kehidupan pembelajaran di sekolah kamisehingga sesuai dengan filosofi pendidikan menurtu KHD.

 Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

Dalam menjalankan aktivitas sebagai guru saya secara pribadi sudah sedikit menjalankan pemikirian KHD dimana pembelajaran dengan mengutamakan kebutuhan siswa dan kita sebagai guru hanya sebagai fasilitator dan juga pelayan siswa karena siswa seyogianya sudah memiliki akal sejak lahir dan kita sebagai guru bertugas untuk memberdayakan akal tersebut. Ibarat tanaman padi, guru itu sebagai petani yang bertugas memupuk,menyiangi dan menyiram tanaman tersebut agar nantinya bisa tumbuh menjadi tanaman padi yang berkualitas.

 2.    HARAPAN DAN EKSPEKTASI

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Sebagai pendidik saya ingin nantinya bisa lebih dekat dengan siswa dan mengetahui bagaimana pembelajaran yang mereka inginkan terutama untuk mata pelajaran saya yaitu Matematika yang merupakan salah satu mata pelajaran yang menurut siswa adalah pelajaran menyulitkan. Ingin mengubah pembelajaran kelas yang membosankan menjadi menyenangkan dengan mengedepankan kesenangan siswa. Selain itu saya ingin menemukan bagaimana cara mempertahankan kurikulum yang ada terhadap pencapaian belajar siswa dan bagaimana agar tujuan pembelajaran tercapai tanpa membebani siswa sehingga tidak ada unsur paksaan dalam pembelajaran.

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul ini saya sebagai pendidik menginginkan dalam pembelajaran saya nantinya siswa saya bisa menjadi lebih aktif lagi dalam mengemukakan pendapat dan menyampaikan apa yang mereka inginkan dan pembelajaran seperti apa yang mereka kehendaki. Selain itu saya juga ingin menerapkan pembelajaran berbasis project yang berteknologi agar nantinya siswa saya siap dalam menyongsong masa depan yang berbasis teknologi dan juga membutuhkan pola pikir yang mandiri sesuai dengan kebudayaan di lingkungan mereka serta bisa menyaring informasi mana yang perlu dan tidak perlu untuk mereka pelajari.

 Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan yang saya harapkan yaitu munculnya pola pembelajaran yang berpihak pada siswa dengan model pembelajaran yang menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi siswa,guru,dan sekolah.

Materi yang saya harapkan yaitu nantinya saya mendapatkan cara-cara atau tips bagaimana menjadi pendidik yang selalu dikenang siswa dari cara saya mengajar dan membelajarkan siswa serta bisa berguna ilmu yang saya ajarkan kepada siswa saya.

Manfaat dalam modul ini yg saya harapkan yaitu saya dapat menerapkan isi modul ini terhadap pembelajaran nyata disekolah saya nantinya.


Kegiatan lain dalam modul 1.1 diantaranya bisa disimak pada link di bawah ini

  • 1.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya
  • 1.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
  • 1.1.a.10. Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah

0 comments:

Post a Comment

Komentar positif untuk pengembangan blog pribadi kami sangat harapkan dari para pembaca yang budiman

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates