Saturday, June 18, 2022

3.2.a.10. Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

SMK Pengudhi Luhur Karangrayung

oleh Miftaqul Janah

CGP Angkatan IV Kabupaten Grobogan

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP mempraktikkan pengetahuan dan keterampilannya tentang pengelolaan sumber daya yang memanfaatkan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset.


Meningkatkan kreativitas murid dengan kreasi Ecoprint pada kolaborasi mata pelajaran Matematika dan Produktif Tata Busana

Sebagai pemimpin dalam pembelajaran seorang guru penggerakan juga tentunya nantinya bisa terbekali dalam kemampuannya untuk memetakan serta menggali aset yang ada di sekolah. Aset yang menjadi landasan pemetaan di sekolah meliputi 7 aset yang sering kita pelajari yaitu aset manusia, sosial, fisik,lingkungan alam, finansial dan juga politik. Dengan pemetaan yang dilakukan maka kita bisa memaksimalkan potensi aset yang ada dengan berpedoman pada prinsip aset based thinking atau berpikir berbasis aset sehingga aset yang kita miliki dapat kita kembangkan secara optimal. Agar kita sebagai pemimpin pembelajaran bisa mengembangkan aset yang ada diperlukan sistem manageman perubahan dengan menggunakan pendekatan IA (inquiry apresiatif) model BAGJA untuk menganalisis berbagai  pertanyaan yang muncul berikut juga dengan alternatif jawaban yang mungkin bisa terjawab dari pertanyaan tersebut ke arah perubahan yang positif. Pada kegiatan Aksi Nyata modul 3.2 ini saya melakukan pemetaan sumber daya (aset ) yang dimiliki oleh sekolah sehingga berdasarkan hasil pemetaan aset tersebut saya mencoba untuk merancang sebuah perubahan yang tujuannya untuk mengembangkan kepemimpinan murid di dalam kegiatan kreativitas murid dengan kreasi Ecoprint pada kolaborasi mata pelajaran Matematika dan Produktif Tata Busana.

Dalam hal ini saya melakukan kegiatan kolaborasi antara Matematika dengan Tata Busana sehingga dalam memaknai pembelajaran Matematika khususnya materi Refleksi Matematika. Dengan menggunakan kreasi pada Ecoprint diharapkan juga nanti ketika murid berkreasi dengan teknik Pounding maka akan memunculkan makna Matematika didalamnya sehingga makna dari Matematika bisa lebih mereka kenal dan mereka pahami bahwa Matematika ternyata bermakna dalam kehidupan sehari-hari.


A. Latar Belakang

Pohon Jati yang banyak tumbuh di sekitar sekolah merupakan aset sumber daya yang dimiliki oleh sekolah kami SMK Pengudhi Luhur Karangrayung. Hal tersebut mendorong kami melakukan sebuah program perubahan untuk kemudian bisa meningkatkan kreatifitas murid agar lebih maksimal utamanya dalam membuat produk Ecoprint sebagai salah satu produk kearifan local dari beberapa daun jati serta daun yang lain di sekitar hutan sekolah. Selain itu pemahaman murid terkait materi Refleksi Matematika yang terkadang masih belum bermakna menurut mereka menjadi sebuah alasan untuk kami mengembangkan kegiatan ini. Kami berharap agar nantinya kegiatan ini dapat memberikan makna tersendiri untuk terciptanya pengelolaan sumber daya untuk program sekolah kedepan sehingga kita sebagai warga sekolah lebih mengunggulkan aset yang telah ada di sekolah untuk kemudian dikembangkan agar lebih maksimal hasilnya.


Penataan Daun Pada Kain



Program Kemitraan UMKM Ecoprint

B. Tujuan

Kegiatan ini dilaksanakan untuk Meningkatkan kreativitas murid dengan kreasi Ecoprint pada kolaborasi mata pelajaran Matematika dan Produktif Tata Busana, meningkatkan ketrampilan murid dalam berwirausaha bidang tekstil khususnya Ecoprint Teknik Pounding serta menumbuhkembangkan kretifitas siswa dalam berwirausaha khususnya dalam memanfaatkan aset sekolah berupa Daun Jati yang ada di lingkungan sekolah.

C. Tolok Ukur Keberhasilan

Tolok ukur keberhasilan kegiatan ini yaitu munculnya kreativitas murid dengan kreasi Ecoprint pada kolaborasi mata pelajaran Matematika dan Produktif Tata Busana dalam bentuk hasil produk karya murid serta pemahaman mengenai materi refleksi Matematika agar lebih bermakna untuk mereka.

D. Dukungan yang dibutuhkan

Untuk melaksanakan aksi nyata diperlukan kolaborasi semua pihak sekolah, sehingga saya memerlukan bantuan pemangku kepentingan di sekolah seperti Kepala sekolah, rekan sejawat, staf TU, siswa, orang tua dan juga dukungan sarana dan prasarana pendukung.

E. Linimasa Tindakan Yang Dilakukan

Untuk melaksanakan aksi nyata saya saya menyusun prosedur BAGJA sebagai berikut:

  1. Buat Pertanyaan: Bagaimana meningkatkan kreativitas murid dengan kreasi Ecoprint pada kolaborasi mata pelajaran Matematika dan Produktif Tata Busana
  2. Ambil Pelajaran: Kebijakan apa yang mendukung terlaksananya kegiatan peningkatan kreativitas murid dengan kreasi EcoprintSiapa saja yang selama ini mendukung kegiatan peningkatan kreativitas murid dengan kreasi Ecoprint? Siapa saja yang selama ini terlibat dalam kegiatan peningkatan kreativitas murid dengan kreasi EcoprintKekuatan atau keahlian apa yang telah dilakukan untuk membantu kegiatan peningkatan kreativitas murid dengan kreasi Ecoprint
  3. Gali Mimpi: Seperti apa pendapat murid,guru,komunitas tentang kegiatan peningkatan kreativitas murid dengan kreasi Ecoprint?,  Apa yang menjadi impian serta harapan guru dan murid agar kretivitas mereka bisa maksimal termunculkan dalam kegiatan peningkatan kreativitas murid dengan kreasi Ecoprint?, Sumber daya apa yang nantinya kita perlukan dan tersedia untuk menjalankan program tersebut?
  4. Jabarkan Rencana : Apa  Tindakan paling pertama yang bisa dilakukan ?,   Berapa lama target yang ditentukan dalam menyelesaikan kegiatan peningkatan kreativitas murid dengan kreasi Ecoprint oleh siswa tersebut?, Apa Tindakan yang bisa mendukung kegiatan tersebut?, Bagaimana cara agar kegiatan yang dilakukan bisa secara kontinu diterapkan di sekolah dan masuk ke program sekolah?
  5. Atur Eksekusi atau Deliver: menyusun tim kerja, misalnya siapa saja yang terlibat dan apa saja peran masing-masing murid ?

F. Tahapan Bagja


G. FEELING ATAU PERASAAN

Perasaaan yang dirasakan saat melaksanakan aksi nyata adalah saya merasa senang dan bangga terhadap murid saya karena ternyata mereka bisa melakukan kegiatan diluar ekspektasi saya selama saya mengajar di kelas mereka. Selain itu saya juga optimis karena adanya semangat dan harapan besar ke depannya kepada murid - murid untuk melakukan perubahan sesuai impian mereka. Selain itu saya juga merasa tertantang untuk menentukan langkah selanjutnya serta bagaimana nanti ke depan bisa membawa aksi nyata ini ke program sekolah.


H. FINDING ATAU PEMBELAJARAN 

Hal yang menjadi pembelajaran berharga adalah bahwa sejatinya sebuah perubahan haruslah dimulai dengan siswa, oleh siswa dan untuk siswa karena sejatinya tugas kita sebagai pendidik adalah menuntun, memfasilitasi anak didik agar mereka mendapatkan hal yang bermanfaat untuk bekalnya dalam hidup bermasyarakat. Adalah sebuah praktek yang keliru ketika sebuah program di buat guru tanpa melibatkan anak didik dalam semua prosesnya baik itu perencanaan, penerapan hingga evaluasinya.

Selain itu sebagai guru, maka sangat penting untuk mengubah mindset atau sudut pandang kita dalam melihat aset atau sumberdaya di sekolah ke arah pemikiran positif, ke sistem berpikir berbasis aset atau asset based thinking untuk bisa mengelola aset yang ada untuk kemajuan sekolah dengan lebih optimal.

Kolaborasi CGP dengan Guru Tata Busana

Murid dalam kreatifitas mereka

Peletakan daun sebelum di teknik Pounding (pukul)

Hasil Tas Buatan Siswa

Proses penjemuran tas setelah di Ecoprint



I. FUTURE ATAU PENERAPAN KE DEPAN

Penerapan ke depan untuk kegiatan ini yaitu bisa dijadikan untuk program sekolah misalnya ekstrakurikuler untuk pembuatan produk bernilai jual dengan  mengusung Ecoprint sehingga lebih bisa meningkatkan kegiatan kewirausahaan serta Bussiness Centre di sekolah khususnya sekolah kejuruan.

FOTO KEGIATAN

Kolaborasi bersama guru tata busana

Teknik Pounding Ecoprint

Refleksi Matematika pada saat mengambil daun dari kain yang ditempeli plastik

Pola Daun sebagai makna dari Refleksi Matematika

Siswa berdiskusi secara kelompok 

Koordinasi dengan Teman Sejawat


0 comments:

Post a Comment

Komentar positif untuk pengembangan blog pribadi kami sangat harapkan dari para pembaca yang budiman

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates