Saturday, June 25, 2022

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 


PROGRAM EKSTRAKURIKULER

"Perencanaan Pembuatan Produk Tas Ecoprint sebagai salah satu kegiatan Ekstrakurikuler Kejuruan Tata Busana di sekolah untuk melatih ketrampilan murid dalam berwirausaha"

A. Latar Belakang

Pohon Jati yang banyak tumbuh di sekitar sekolah merupaka aset sumber daya yang dimiliki oleh sekolah kami SMK Pengudhi Luhur Karangrayung. Hal tersebut mendorong kami melakukan sebuah program perubahan untuk kemudian bisa meningkatkan kreatifitas murid agar lebih maksimal utamanya dalam membuat produk Ecoprint sebagai salah satu produk kearifan local dari beberapa daun jati serta daun yang lain di sekitar hutan sekolah. Selain itu kemampuan murid kami dalam ketrampilan menjahit menjadi salah satu aset manusia yang kita bisa kembangkan untuk meningkatkan brand sekolah. Pemanfaatan beberapa aset yang dimiliki sekolah menjadi bahan pertimbangan kami untuk mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler pembuatan kreasi dan karya dari ecoprint. Kegiatan ekstrakurikuler yang kami beri nama yaitu ECO (Ecoprint Creative Organize) nantinya sebagai tindak lanjut kegiatan kolaborasi pembelajaran Matematika dan Produktif Tata Busana yang telah CGP susun sebelumnya pada modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber daya sebelumnya. Dilengkapi dengan kerjasama UMKM terdekat sehingga aksi nyata yang diharapkan bisa terwujud untuk pengembangan diri sekolah nantinya lewat program kemitraan yang sebelumnya sudah pernah dilakukan. Hal ini juga yang menjadi dasar terciptanya program ekstrakurikuler ECO (Ecoprint Creative Organize).

Arahan dari UMKM "TOETI COLECCTION"


Proses Pembuatan Ecoprint Teknik Kukus

Proses Penataan Daun pada kain 

Hasil kain yang telah di Ecoprint 

Program Kemitraan Sekolah
B. Tujuan Program

Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan ketrampilan murid serta menumbuhkembangkan kretifitas siswa dalam berwirausaha khususnya dalam memanfaatkan aset berupa Daun Jati yang ada di lingkungan sekolah. Selain itu program yang kami rencanakan ini juga merupakan salah satu indicator di dalam menjalankan visi di sekolah kami yaitu mewujudkan ketrampilan berwirausaha siswa.

Aset Lingkungan Alam di sekitar sekolah
Ketrampilan Murid dalam menjahit

C.  Tolok Ukur Keberhasilan

Meningkatnya ketrampilan murid dalam membuat produk karya berbahan Ecoprint serta bernilai jual di pasaran misalnya dalam pembuatan tas, dompet, kaos,kerudung, dll.

D. Dukungan yang dibutuhkan

Untuk melaksanakan aksi nyata diperlukan kolaborasi semua pihak sekolah, sehingga saya memerlukan bantuan pemangku kepentingan di sekolah seperti Kepala sekolah, rekan sejawat, staf TU, siswa, orang tua dan juga dukungan sarana dan prasarana pendukung

E. Linimasa Tindakan Yang Dilakukan

Untuk melaksanakan program tersebut saya menggunakan kerangka BAGJA sebagai berikut

  1. Buat pertanyaan diantaranya Bagaimana kita dapat memunculkan kreatifitas siswa dalam memanfaatkan aset dari daun Jati?
  2. Ambil pelajaran diantaranya Mana kegiatan sekolah yang telah menguatkan siswa dalam mengembangkan kreatifitas murid?
  3. Gali mimpi diantaranya seperti apa bentuk kegiatan peningkatan kreatifitas yang menyenangkan sekaligus menguatkan kejuruan tata busana dalam berkarya? 
  4. Jabarkan aksi diantaranya Apa  Tindakan paling pertama yang bisa dilakukan ?

  5. Atur Eksekusi misalnya Bagaimana mengukur keberhasilan kegiatan tersebut?



F.  FEELING ATAU PERASAAN
Perasaaan yang dirasakan saat melaksanakan aksi nyata adalah saya merasa senang dan bangga terhadap murid saya karena ternyata mereka bisa melakukan kegiatan diluar ekspektasi saya selama saya mengajar di kelas mereka. Selain itu saya juga optimis karena adanya semangat dan harapan besar ke depannya kepada murid - murid untuk melakukan perubahan sesuai impian mereka. Selain itu saya juga merasa tertantang untuk menentukan langkah selanjutnya serta bagaimana nanti ke depan bisa membawa aksi nyata ini ke dalam pasar atau dunia kewirausahaan yang nantinya bisa bernilai jual layak di pasaran.

G. FINDING ATAU PEMBELAJARAN

Hal yang menjadi pembelajaran berharga adalah bahwa sejatinya sebuah perubahan haruslah dimulai dengan siswa, oleh siswa dan untuk siswa karena sejatinya tugas kita sebagai pendidik adalah menuntun, memfasilitasi anak didik agar mereka mendapatkan hal yang bermanfaat untuk bekalnya dalam hidup bermasyarakat. Adalah sebuah praktek yang keliru ketika sebuah program di buat guru tanpa melibatkan anak didik dalam semua prosesnya baik itu perencanaan, penerapan hingga evaluasinya. Serta bagaimana sebuah aset ternyata mampu kita gali lebih dalam lagi sehingga nantinya kita bisa memberikan manfaat untuk pembelajaran kepada murid kita ke depan dengan tetap proaktif dalam pembaharuan yang ada dan semakin berkembang.

H. FUTURE ATAU PENERAPAN KE DEPAN

Dengan program Ekstrakurikuler ECO (Ecoprint Creative Organize) ini nanti diharapkan dapat menciptakan produk souvenir atau produk lainnya yang berbahan Ecoprint sehingga bisa mengangkat nama sekolah dengan tetap mengacu pada kearifan lokal serta aset yang ad disekolah kami.






3.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

ECO (ecoprint creative organize)  sebagai bentuk kegiatan Ekstrakurikuler 
SMK Pengudhi Luhur Karangrayung


TUJUAN PROGRAM

Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk

  1. Meningkatkan ketrampilan murid dalam berwirausaha bidang tekstil khususnya Ecoprint Teknik Pounding
  2. Menumbuhkembangkan kretifitas siswa dalam berwirausaha khususnya dalam memanfaatkan aset sekolah berupa Daun Jati yang ada di lingkungan sekolah

LATAR BELAKANG

Pohon Jati yang banyak tumbuh di sekitar sekolah merupaka aset sumber daya yang dimiliki oleh sekolah kami SMK Pengudhi Luhur Karangrayung. Hal tersebut mendorong kami melakukan sebuah program perubahan untuk kemudian bisa meningkatkan kreatifitas murid agar lebih maksimal utamanya dalam membuat produk Ecoprint sebagai salah satu produk kearifan local dari beberapa daun jati serta daun yang lain di sekitar hutan sekolah.

selengkapnya mengenai koneksi antar materi modul 3.3 silahkan KLIK DISINI





 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates